Minggu, 06 Agustus 2023

Asma ul husna akidah akhlak kelas XII


 

1.Kata al-‘Afuwwالعَفُوُ berarti Allah Maha memafkan kesalahan hambanya. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa Allah akan memaafkan segala kesalahan hamba-Nya dan kita harus menunjukkan perilaku memafkan dan menutup orang lain sebagai cerminan atas nama baik al-‘Afuww.

 2. Kata al-Rozzāq الرَّزَّاقberarti Allah Maha memberi rezeki. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa Allah telah menjamin rezeki hamba-Nya dan kita harus menunjukkan perilaku dermawan kepada orang lain sebagai cerminan atas nama baik al-Rozzāq.

 3. Kata al-Malikالمالك berarti Allah Maha merajai dan menguasai segalanya. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa hanya Allah yang mutlak menguasai dan merajai alam semesta ini meskipun secara tampak terlihat dikelola oleh manusia dan kita harus menunjukkan perilaku bertanggung jawab atas alam semesta yang diberikan kendalinya kepada manusia sebagai cerminan atas nama baik al-Malik.

 4. Kata al-Hasībالحاسب berarti Allah Maha memberi kecukupan dan membuat perhitungan. Dengan nama ini kita harus meyakini bahwa hanya dengan Allah kita dapat merasa berkecukupan karena sikap sederhana dan tidak banyak tingkah hanya dapat dilakukan dengan mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu kita juga harus meyakini bahwa segala amal perbuatan kita di dunia akan dihitung pada hari perhitungan kelak dan oleh karenanya kita harus melakukan evaluasi diri secara konsisten sebagai cerminan dari nama baik al-Hasīb.

5. Kata al-Hādi الهادىberarti Allah Maha memberi petunjuk. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa Allah telah memberikan petunjuk secara sempurna baik naluri, panca indera, dan lain sebagainya. Kita juga harus memantulkan petunjuk dari Allah berupa saling mengingatkan dengan cara yang pantas dan tepat ketika ada kesalahan atau ketidakpantasan dalam berlaku sebagai cerminan atas nama baik al-Hādi.

 6. Kata al-Khālikالخالق berarti Allah Maha menciptakan. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa segala ciptaan Allah telah dijadikan oleh-Nya dengan indah. Oleh karena itu kita harus mensyukurinya dan meneladaninya dengan mengembangkan pikiran dan aksi kreatif dan inovatif sebagai cerminan atas nama baik al-Khāliq

7. Kata al-Hakīm berarti Allah Maha bijaksana. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa segala kejadian yang ada ini merupakan bukti kebijaksanaan Allah, pasti ada hikmah dari kejadian itu. Selain keyakinan itu, kita juga harus meneladani nama baik alHakīm dengan cara berusaha untuk menjadi manusia yang bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asma ul husna akidah akhlak kelas XII

  1.Kata al-‘Afuww العَفُوُ berarti Allah Maha memafkan kesalahan hambanya. Dengan nama ini, kita harus meyakini bahwa Allah akan memaafkan...